Dampak Sosial Web

Posted: February 22, 2010 in Uncategorized

I. Uraian

Kemajuan ilmu dan teknologi khususnya komputer mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dan disisi lain dapat pula menyesatkan. Pada kenyataannya dari awal diciptakan, komputer memberikan banyak manfaat bagi manusia, seperti halnya kemudahan manusia untuk bekerja, mempermudah menyampaikan data, sampai dengan hiburan yang berdasar dari komputer. Terlebih sekarang tidak asing lagi di telinga kita, yaitu internet. Internet yang merupakan jaringan komputer terbesar di dunia, sebenarnya adalah sebuah jaringan dalam jaringan-jaringan. Internet adalah koleksi lebih dari 200.000 jaringan komputer individual yang dimiliki oleh pemerintah-pemerintah, universitas-universitas, nonprifit group, dan perusahaan-perusahaan. Jaringan-jaringan ini terhubung dengan kecepatan yang tinggi dan jarak yang jauh.

Berbagai media pun bermunculan di Internet, dengan tujuan membantu semua orang untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lebih mudah. Online messenger seperti Yahoo Messenger dan sebagainya pun mulai bermunculan. Berbagai ide lain pun dikembangkan, sehingga lahirlah sebuah layanan baru di di dunia Internet yang bernama ‘Jaringan Sosial’.

Jaringan sosial adalah sebuah layanan yang diberiakan oleh website seperti email dengan kelebihan pemilik account dapat memiliki sebuah halaman pribadi yang disebut profil dan dapat menampilkan list teman-teman di layanan itu kepada teman yang lain, dapat saling mengisi halaman pribadi satu sama lain dan dapat menemukan teman-teman baru dengan mudah di seluruh dunia.

Jenis layanan ini pun kemudian berkembang dengan pesat, puluhan website sejenis dengan kapasitas pengguna sangat besar mulai lahir di Internet, sebut saja Friendster, My Space, Hi-5, Orkut, Facebook, Temanster, dan Ngeceng.com yang secara menyeluruh menggunakan bahsa Indonesia.

Sekarang ini jaringan sosial merupakan sebuah layanan gratis yang paling banyak menarik perhatian pengguna Internet. Puluhan juta pengguna Internet mendaftarkan diri mereka pada layanan semacam ini dengan berbagai alasan.

Pada tugas kali ini akan lebih banyak membicarakan mengenai Friendster, karena website ini adalah website jaringan sosial yang paling banyak diminati khususnya anak-anak muda di Indonesia. Lain halnya dengan My Space meskipun jumlah penggunanya lebih besar dari Friendster tetapi kebanyakan penggunanya adalah orang-orang luar seperti Amerika, Eropa, Australia dan Facebook yang pada awalnya website ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa-mahasiswa dan alumni MIT dan Harvard University tetapi sekarang telah menjadi website jaringan sosial yang dapat diakses oleh semua orang.

Friendster merupakan website jaringan sosial yang beberapa tahun terakhir ini telah menjadi website paling populer di kalangan anak-anak muda di Indonesia, bahkan kebanyakan orang-orang sekarang ini menggunkan layanan Internet hanya untuk membuka dan log in ke account Friendster mereka. Friendster sekarang ini telah memiliki lebih dari 50 ribu anggota di seluruh penjuru dunia.

II. Manfaat

Internet dan teknologi pada dasarnya dikembangkan manusia untuk kepentingan manusia sendiri, salah satu tujuan besarnya adalah untuk mempermudah manusia untuk melakukan segala jenis tugas maupun pekerjaannya. Dan itu pulalah yang menjadi tujuan para pendiri http://friendster.com yang kebanyakan tinggal di Amerika. Mereka memberikan fitur yang dipercaya akan mempermudah seorang pengguna dapat:

  • Mengisi informasi berkenaan dengan diri mereka.

Para pengguna Friendster dapat mengisikan informasi tentang diri si pemilik account sesuka pemilik account tersebut, mereka dapat mengisikan tentang status, perusahaan tempat bekerja, pekerjaan, sekolah, hobi dan kesukaan, buku, musik, film dan acara TV kesukaan di fitur Edit Profile.

  • Membuat halaman pribadi yang indah dengan sangat mudah.

Tentunya para pemilik account Friendster ingin memiliki tampilan indah dan menarik di halaman pribadi mereka atau dalam Friendster sering disebut Profile. Profile atau halaman pribadi dapat diedit dengan menggunakan fitur Edit Profile yang di dalamnya terdapat beberapa bagian yang memungkinkan pemilik account untuk mengubah background halaman pribadi mereka dengan foto atau gambar yang mereka mau dan dapat pula menambahkan video ataupun musik dari internet.

  • Mendapatkan teman dengan lebih mudah dan cepat.

Pada dasarnya semua Jaringan Sosial bertujuan agar mempermudah semua orang untuk dapat berinteraksi tanpa mengenal jarak dan waktu, dengan banyaknya anggota Friendster maka semakin mudah pula para pemilik account Friendster dapat mencari teman-teman baru sesuai keinginan mereka.

  • Melihat horoskop terbaru.

Horoskop merupakan sebuah fitur baru di Friendster yang dapat diakses oleh setiap anggota Friendster dan fitur horoskop ini setiap hari berubah.

  • Mengirimkan pesan pribadi kepada teman dengan lebih mudah dan gratis.

Di zaman modern seperti sekarang ini semua orang membutuhkan semua hal prosesnya cepat dan mudah, Frienster menyediakan fitur Message untuk para anggotanya agar dapat saling berkirim pesan dengan mudah.

  • Menulis pengalaman atau cerita atau berbagai hal lainnya untuk di share kepada para teman secara lebih mudah.

Friendster memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menulis pengalaman atau cerita seoarang pemilik account, yaitu menggunakan fitur Bulletin Board, Reviews, Blogs, Messages, dan Comments.

  • Bahkan untuk mengingatkan ulang tahun teman pun, Friendster telah memberikan fitur yang sangat mudah dan otomatis (tanpa kita perlu mengetikkan informasi apapun, namun

akan mengambil dari informasi tanggal lahir yang temankita taruhdi halaman pribadi meraka masing-masing.

Berikut ini adalah fitur yang terdapat pada tombol “My Profile” dan “My Connection”.

  • Edit Profile
  • Photos
  • Reviews
  • Blogs
  • Featured Friends
  • Video
  • Bulletin Board
  • Friends
  • School
  • I’m a fan of…
  • Bookmarks
  • Groups

Dan ada pula fitur yang ada di Friendster belum lama yaitu fitur Shoutout, fitur ini disediakan bagi para pengguna Friendster yang pada dasarnya untuk menunjukkan mood si pemilik account atau sejenisnya pada saat itu, misalnya untuk menunjukkan si pemilik account sedang sedih ataupun senang.

II. Dampak Negatif

Pada dasarnya website-website penyedia layanan jaringan sosial seperti Friendster dan yang lainya memiliki banyak kesamaan manfaat hanya saja para penyedia layanan membedakan nama-nama fiturnya saja, dan pasti ada pula dampak-dampak negatif yang diakibatkan dari layanan tersebut.

Berikut ini adalah dampak-dampak negatif yang dapat terjadi apabila seseorang memiliki account di jaringan sosial.

  • Menajadikan pengguna layanan jaringan sosial menjadi malas bersosialisasi secara langsung.

Tanpa disadari semua benda ciptaan manusia yang berguna untuk mempermudah manusia dalam melakukan semua pekerjaan manusia pasti akan membuat manusia semakin malas dari hari ke hari. Sekarang ini semua orang menginginkan semua hal dapat didapat secara instan, dan hal inilah yang menjadikan berubahnya kultur bangsa ini yang dulu dikenal sebagai bangsa yang lembut dan sabar sekarang telah mulai berubah bahkan sekarang ini telah mulai muncul budaya yang tidak menganggap penting suatu hal yang disebut proses, semua sekarang ini kebanyakan orang hanya berorientasi pada hasil.

Dengan adanya jaringan sosial yang semakin marak akhir-akhir ini membuat masyarakat semakin mudah dalamberinteraksi satu sama lain tanpa mengenal jarak dan waktu, hal ini pulalah yang akhirnya mengakibatkan manusia malas untuk berinteraksi secara langsung

dengan orang lain karena dengan adanya layanan jaringan sosial manusia tidak dituntut untuk dapat bertemu dengan langsung

  • Memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

Sebenarnya tidak hanya jaringan sosial saja yang mengakibatkan dampak negatif bagi para penggunanya karena yang mengakibatkan adalah alat yang digunakan manusia untuk dapat mengakses layanan tersebut yaitu komputer.

Banyak pengguna komputer yang mengabaikan dampak penggunaan komputer terhadap kesehatan mereka, baik kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya yang mungkin akan menjadi terganggu karena menggunanakan komputer dengan waktu yang cukup lama.

Penggunaan perangkat komputer yang mengabaikan posisi-posisi yang baik dan penempatan perangkat yang baikpun menjadi faktor penyebab seoarang pengguna komputer dapat terganggu kesehatannya. Contohnya saja penggunaan komputer yang terlalu lama dan mengabaikan posisi yang baik akan menyebabkan badan menjadi pegal-pegal, penggunaan monitor CRT dapat menyebabkan intensitas cahaya yang cukup tinggi untuk diterima oleh mata, bahkan penggunaan mouse sekalipun dapat menimbulkan bahaya bagi otot-otot tubuh dan bisa pula menimbulkan benjolan yang nyeri dan pada tahap akhir bisa menjadi kista ganglion di sekitar sendi dan sepanjang urat tangan.

  • Menjadi korban kejahatan di Internet.

Ini adalah dampak yang sering kali diabaikan oleh para pengguna layanan jaringan sosial khususnya Friendster. Karena tak jarang kebanyakan dari para pengguna layanan ini tergolomg “awam” dalam berinternet. Oleh karena itu tingkat kewaspadaan mereka, serta kesadaran akan keamanan informasi masih sangat minim.

Karena banyaknya pengguna layanan Friendster, serta beragamnya para pengguna itu sendiri dari berbagai macam lapisan masyarakat, anak muda, keluarga, dan lain sebagainya, yang tentunya tidak semua dari mereka sadar dan mengerti akan pentingnya keamanan informasi.

Jumlah pengguna yang sangat besar serta beragamnya latar belakang yang ada dari masing-masing individu pengguna Friendster sangat memungkinkan menjadi “Kumpulan Mangsa” bagi para penyerang.

Para penyerang itu sendiri pastilah juga para pengguna Friendster. Dengan menggunakan trik tertentu mereka dapat menjebak sesama pengguna Friendster dengan memanfaatkan fitur yang ada pada Friendster itu sendiri. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga para pelakunya adalah orang yang tidak terdaftar dalam Friendster, mereka hanya membuka Friendster untuk melihat profil korban dan memanfaatkan informasi yang ada dalam profil korban untuk digunakan melakukan penyerangan ke layanan lain yang dinilai peting seperti email.

Walau kerapkali dianggap remeh, Friendster hacking mengandung tingkat bahaya yang cukup tinggi, dikarenakan kebiasaan para pengguna Internet yang tergolong “awam” yang kerapkali menggunakan password yang sama untuk setiap account yang mereka miliki di Internet, baik berupa email, atau mungkin paypal.com (Online Money Transfer), ebay dan berbagai layanan internet lainnya, dikarenakan budaya ‘takut lupa password’.

Hal-hal yang bisa terjadi dikarenakan Friendster hacking adalah :

ü Pencemaran nama baik

ü Pengambilalihan kepemilikan layanan di Internet

ü Masuknya virus ke komputer

ü Kerugian finansial

Memang tidak semua para pengguna Friendster di Indonesia memiliki account di layanan-layanan yang berhubungan dengan finansial seperti paypal dan ebay, tetapi dikarenakan kebanyakan pengguna Friendster adalah anak muda yang masih “awam” dalam dunia Internet. Mereka bisa saja menggunakan nama orang tua mereka di Friendster baik itu disengaja maupun tidak karena bisa saja ada teman yang mengirim comment dengan menyebut nama orang tua atau mungkin memang menyebutkan nama orang tua di “maiden name”. Ini adalah tindakan yang bisa saja dimanfaatkan penyerang untuk memakai nama orang tua mereka di Internet, bisa saja mereka menggunakan kartu kredit atas nama orang tua mereka.

Kejadian yang paling sering terjadi di layanan Frienster adalah pencemaran nama baik, yaitu dengan cara pengambilalihan account di Friendster atau mungkin cuma sekedar log in dengan memanfaatkan cookies.

Beriku ini adalah trik-trik yang bisa dilakukan oleh penyerang :

ü Flash Exploit.

Testimonial adalah celah keamanan pertama bagi Friendster. Cara yang dilakukan tidaklah sulit, cukup dengan membuat file flash yang mengandung Script yang memaksa siapapun untuk melakukan perintah Script tersebut.

ü Halaman Login Palsu

Trik ini disebut phishing, yaitu dengan menggunakan HTML Embed dan Flash yang disinyalir sebagai salah satu contoh metode Cross Site Scripting. Penyerang menyisipkan script halaman login Frienster palsu yang sama persis dengan halaman login Friendster yang aslipada profil penyerang dan bisa juga dengan mengirimkan testimonial pada korban yang bertujuan agar me-redirect halaman semula ke halaman login palsu. Dan mengharapkan agar si korban terjebak dengan mengisikan username dan passwordnya ke halaman login palsu itu.

ü Pencurian Cookie

Pada kasus ini penyerang hanya bisa login ke account korban namun penyerang tidak mengetahui password korban karena penyerang login dengan menggunakan cookies curian.

IV. Referensi

Ricky, Anselmus. 2008. Friendster Hacking. Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s